Mengejar Bayangan Malam

Memasuki puncak malam. semakin sulit menutup kedua bola mata. Entah ada apa disana mungkin lubang yang bisa di tembus dengan cahaya bulan atau terowongan panjang dimana terlihat berkejaran aku dengan lampu-lampu jalan dan kendaraan. meliuk-liuk disetiap lengkung tikungan. kadang berdesir darah, kadang mendidih dan kadang membeku di tiup angin pembawa hujan dan guntur.

memasuki kelokan pikiran yang rumit, aku temukan barisan-barisan orang berkejaran mengejar balon-balon sabun. Ada beberapa anak berseragam sekolah dasar dan menengah, ada juga sesosok remaja dewasa yang mengenakan kaus bertulis presiden. semuanya satu arah, mengejar balon sabun yang aku main kan. Dan aku tahu semua itu masa lalu dan masa kini ku.

memasuki kamar tanpa definisi kutemukan buku-buku berserakan dilantai dan kasur. Ada juga tumpahan tinta sisa aku menulis semalam dan juga sobekan kertas buku. namun satu yang tak ku temukan bayangan ku yang biasanya mengajakku berdebat mengenai hari depan revolusi. Atau mengomentari lukisanku tentang gunung, air terjun atau pantai. Atau gadis-gadis desa yang mandi dikali. tidak juga kutemukan bayangan itu. bayangan yang bermata tajam, bersayap kokok, elang.

Menatap sekon jam diding yang terus bergerak sesui perintah detik, aku lihat berkelebat bayangan-bayangan. dia memacu jet daratnya diujung kecepatan. menembus hujan dan guntur. Atau dia yang sendirian dikamar dan berpikir dirinya hebat. karena mampu merayu dan pandai bersilat lidah, atau yang menghabiskan waktu memeluk malam dan bersetubuh dengan hening.

Bayangan itu kini hadir walau suram, membacakan hukum-hukum dan keputusan. Bukan di negeri antah berantah. Tapi di negeri mu kasih. Nanti, jika sudah terang. Kan ku ajak kau keliling kota dengan jet darat ku dan menyaksikan indahnya tinggal di pinggiran sungai ini. jauh dari kemewahan. bermain dengan riak dan ikan.

bayangan elang mulyana di sebuah kamar tanpa definisi.
13 Agustus 2009

One thought on “Mengejar Bayangan Malam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s